Galeri Busana Adat Jawa
Menu

Jual Blangkon Lipat Batik Gaya Jogja Sliwir

KategoriBlangkon, Blangkon Batik, Blangkon Gaya Jogja
KodeBJ107
Di lihat793 kali
Nama ProdukBlangkon Batik Sliwir
Gaya/ModelJogja (Yoygyakarta)
BahanKain Katun
Motif GambarBatik
Harga Rp 85.000
Beli Sekarang

Detail Produk Jual Blangkon Lipat Batik Gaya Jogja Sliwir

Jual Blangkon Lipat Batik Gaya Jogja Sliwir

  • Nama Produk: Blangkon Batik Sliwir
  • Gaya/Model: Jogja (Yogyakarta)
  • Motif Gambar: Batik
  • Bahan: Kain Katun
  • Kode Produk: BJ107

NB:
Mohon maaf untuk para pembeliku semua, dikarenakan produk Blangkon ini adalah hasil kerajinan tangan maka tidak menutup kemungkinan motif / corak batiknya tidak bisa sama persis seperti pada display. Namun model dan bentuk tetap sama seperti di display.

Blangkon adalah tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa. Blangkon sebenarnya bentuk praktis dari iket yang merupakan tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa.

Bagi Anda yang ingin nguri-uri budaya jawa, ayo budayakan memakai blangkon. Dadi wong jowo ojo ngasi ilang jawane dan jangan ngaku orang jawa kalo belum pakai blangkon. hehe..

Blangkon Bukan Sekedar Penutup Kepala Orang Jawa

Pembuat blangkon bukan orang sembarangan. Dia harus punya Virtuso Skill. Dan, dia harus mentransfer keahliannya kepada generasi muda. Jika tidak, maka akan sia-sia. Tidak akan ada blangkon berkualitas baik di masa depan. Citra kraton (istana) serta keluarga kerajaan akan hancur jika mereka memakai sembarang blangkon tua.

Pada masyarakat Jawa jaman dahulu, memang ada satu cerita legenda tentang Aji Soko. Dalam cerita ini, keberadaan iket kepala pun telah disebut, yaitu saat Aji Soko berhasil mengalahkan Dewata Cengkar, seorang raksasa penguasa tanah Jawa, hanya dengan menggelar sejenis sorban yang dapat menutup seluruh tanah Jawa. Padahal seperti kita ketahui, Aji Soko kemudian dikenal sebagai pencipta dan perumus permulaan tahun Jawa yang dimulai pada 1941.

Ada sejumlah teori yang menyatakan bahwa pemakaian blangkon merupakan pengaruh dari budaya Hindu dan Islam yang diserap oleh orang Jawa. Menurut para ahli, orang Islam yang masuk ke Jawa terdiri dari dua etnis yaitu keturuan Cina dari daratan Tiongkok dan pedagang Gujarat. Para pedagang Gujarat ini adalah orang keturunan Arab. Mereka selalu mengenakan sorban, yaitu kain panjang dan lebar yang diikatkan di kepala mereka. Sorban inilah yang konon menginspirasi orang Jawa untuk memakai ikat kepala seperti halnya orang keturunan Arab.

Ada teori lain yang berasal dari para sesepuh yang mengatakan bahwa pada jaman dahulu, ikat kepala tidaklah permanen seperti sorban yang senantiasa diikatkan pada kepala. Tetapi dengan adanya masa krisis ekonomi akibat perang, kain menjadi satu barang sulit didapat.

Oleh sebab itu, para petinggi keraton meminta seniman untuk menciptakan ikat kepala yang menggunakan separoh kain dari biasanya agar lebih efisiensi. Maka terciptalah bentuk penutup kepala yang permanen dengan kain yang lebih hemat yang disebut blangkon.

Pada jaman dahulu, blangkon memang hanya dapat dibuat oleh para seniman ahli dengan pakem (aturan) yang baku. Semakin memenuhi pakem yang ditetapkan, maka blangkon tersebut akan semakin tinggi nilainya.

Seorang ahli kebudayaan bernama Becker pernah meneliti tata cara pembuatan Blangkon. Ternyata, pembuatan blangkon memerlukan satu keahlian yang disebut virtuso skill. “Membuat blangkon memerlukan sebuah ketrampilan yang menyeluruh. Ketrampilan itu diperlukan guna memperoleh bentuk yang estetis dan indah,” terang Becker.

Penilaian mengenai keindahan blangkon, selain dari pemenuhan terhadap pakem juga tergantung sejauh mana seseorang mengerti akan standard cita rasa serta ketentuan- ketentuan yang sudah menjadi standar sosial. Pakem yang berlaku untuk blangkon, ternyata bukan hanya harus dipatuhi oleh pembuatnya, tetapi juga oleh para penggunanya.

Seperti yang diungkapkan oleh Becker berikut ini, “Keindahan blangkon tidak saja diperoleh dari pembuat blangkon yang memiliki ketrampilan istimewa saja, tetapi blangkon akan lebih indah jika pemakai blangkon mengerti pakem tentang memakai blangkon itu sendiri. Blangkon tidak bisa dipakai secara miring dan tidak proporsional. Blangkon tidak seperti topi biasa yang bisa dipakai sekenanya”.

Blangkon pada prinsipnya terbuat dari kain ikat atau udeng berbentuk persegi empat bujur sangkar. Ukurannya kira-kira selebar 105 cm x 105 cm. Yang dipergunakan sebenarnya hanya separoh kain tersebut. Ukuran blangkon diambil dari jarak antara garis lintang dari telinga kanan dan kiri melalui dahi dan melalui atas. Pada umumnya bernomor 48 paling kecil dan 59 paling besar.

Blangkon terdiri dari beberapa tipe, namun yang lebih terkenal hanya dua macam. Yang pertama adalah blangkon model Yogyakarta. Model ini menggunakan mondholan, yaitu tonjolan pada bagian belakang blangkon yang berbentuk seperti onde-onde. Blangkon ini disebut sebagai blangkon gaya Yogyakarta. Tonjolan ini menandakan model rambut pria masa itu yang sering mengikat rambut panjang mereka di bagian belakang kepala, sehingga bagian tersebut tersembul di bagian belakang blangkon. Lilitan rambut itu harus kencang supaya tidak mudah lepas.

Sedangkan yang kedua adalah model trepes, juga yang disebut dengan gaya Surakarta. Gaya ini merupakan modifikasi dari gaya Yogyakarta yang muncul karena kebanyakan pria sekarang berambut pendek.

Model trepes ini dibuat dengan cara menjahit langsung mondholan pada bagian belakang blangkon. Selain dari suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), ada beberapa suku lain di Indonesia yang memakai ikat kepala yang mirip dengan blangkon Jawa yaitu suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain. Hanya saja dengan pakem dan bentuk ikat yang berbeda-beda.

Pesan Blangkon Sesuai Keinginan

Kami juga melayani pesanan partai besar untuk mensuppli atau memasok toko Anda khusus untuk produk blangkon dengan model dan ukuran sesuai yang Anda inginkan.

Dapatkan juga harga grosir untuk pemesanan dalam jumlah partai besar. Anda bisa mendapatkan potongan harga yang istimewa ketika Anda membeli blangkon dalam jumlah banyak.

Bisnis Mudah Tanpa Modal dan Menguntungkan

Anda ingin mencari pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama sekalipun, maka disini kami akan memberikan peluang yang bagus untuk Anda yang sedang bingung mencari pekerjaan.

Kami menyediakan banyak produk-produk busana jawa yang memiliki banyak peminatnya. Salah satunya adalah produk yang satu ini. Bagi Anda yang ingin mendapatkan peluang usaha baru, Anda bisa mencoba bisnis ini, yaitu dengan menjadi dropshipper kami.

Dropship adalah sistem dan pola bisnis yang popular terutama sejak kemunculan dunia digital internet. Dengan pola dropship, ada banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, dropshipper dan konsumen atau pembeli. Supplier adalah pemilik barang yang memiliki stok, dropshipper adalah pihak penjual (marketer dan seller) yang menjual barang milik supplier, dan konsumen adalah pembeli yang membeli barang dari dropshipper.

Dengan menjadi Dropshipper memungkinkan Anda untuk membeli produk di sini dan menjual kembali atas nama penjual. Produk yang dibeli disini akan dikirim langsung ke pembeli sesuai dengan alamat pengiriman dan alamat tujuan yang Anda kirimkan kepada kami nanti.

Keuntungan Menjadi Dhropshipper Kami

  • Anda tidak perlu modal untuk memulai usaha Anda.
  • Anda tidak perlu gudang atau tempat untuk menyimpan barang dagangan Anda.
  • Anda tidak perlu repot mengurus stok barang Anda.
  • Anda tidak perlu melakukan pengiriman barang, karena kami yang akan mengurusi hal tersebut.
  • Praktis, resiko sangat kecil dan bisa dijalankan dimanapun.

Berdagang itu halal dan berkah uangnya, apalagi kalo kita berdagang sambil nguri-nguri budaya. Mari berwirausaha untuk bersama-sama memajukan perekonomian bangsa kita.

Rp 110.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBJ151
Nama BarangBalngkon Dewasa Sliwir Hitam Kombinasi Merah
Harga Rp 110.000
Lihat Detail
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBJ112
Nama BarangJual Blangkon Batik Gaya Jogja Murah
Harga Rp 50.000
Lihat Detail
Rp 85.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBJ132
Nama BarangJual Blangkon Model Jogja Mataram Jebeh Tanpa Sliwir
Harga Rp 85.000
Lihat Detail
Rp 100.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBJ147
Nama BarangBlangkon Jebeh Gaya yogjo Motif Terbaru
Harga Rp 100.000
Lihat Detail

Recent Search Terms